ABSTRAK
Animasi berasal dari bahasa inggris yaitu animate
yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan mengerakan benda mati. Animasi
merupakan proses membuat objek yang asalnya objek mati, kemudian disusun dalam
posisi yang berbeda seolah menjadi hidup. Di dalam animasi ada dua objek
penting, yaitu objek atau gambar dan alur gerak. Animasi secara umum dapat
dikatakan sebagai suatu sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu
(timeline) tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak.
1.
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
Pada zaman
modern ini semua orang hidup dengan barang-barang canggih. Saat ini kita hidup
di era teknologi informasi, era dimana alat-alat teknologi digital
dilahirkan. Bukan tanpa alasan, lahirnya penemuan-penemuan di bidang teknologi
adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. Komputer, internet, e-mail,
dan lainnya, merupakan deretan penemuan besar manusia yang tercipta di era ini.
Hingga saat ini, penemuan-penemuan tersebut telah memiliki sumbangsih nyata
dalam membantu mempermudah pekerjaan manusia. Selain bertujuan mempermudah
pekerjaan manusia, penemuan-penemuan di bidang teknologi informasi juga
bertujaun membantu memenuhi kebutuhan manusia yang semakin komplek. Hal ini
dibuktikan dengan munculnya berbagai inovasi di dunia teknologi informasi untuk
memenuhi kebutuhan tersebut, terutama kebutuhan informasi dan hiburan (intertainment).
Dan salah satu penemuan yang paling dikenal adalah munculnya istilah animasi. Animasi
adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun
secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap
pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar
makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan.
Dengan
lahirnya berbagai macam animasi, para pembuat animasi berlomba lomba membuat
software untuk pembuatan animasi dengan mudah cepat dan efektif. Berbagai
animasi pun sangatlah berkembang dengan adanya tangan-tangan kreatif anak muda.
1.2
Batasan
Masalah
Dalam penulisan
ini, penulis membatasi tulisan pada pembuatan animasi dengan menggunakan
software sparkol yang berisikan
tentang animasi perkenalan nama anggota kelompok kami dan berbagai penjelasan
unik tentang kami didalamnya. Pengenalan tentang animasi dan software sparkol.
1.3
Tujuan
Penulisan
Tujuan penulisan
ialah dengan animasi singkat yang dibuat ini ingin memperkenalkan para anggota
dari kelompok kami dengan menggunakan animasi yang dengan mengguna software sparkol yang sangat mudah, cermat, dan
efektif.
1.4
Metode
Penelitian
Metode
penulisan ilmiah yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode pengumpulan
data dan pengembangan aplikasi. Penulisan yang dilakukan menggunakan
data sekunder. Pengumpulan data sekunder dilakukan dengan beberapa sumber
seperti artikel, tutorial dan dokumentasi dari internet yang berhubungan dengan
materi.
2.
ISI
2.1 Cerita
animasi
Cerita
animasi yang kami buat menceritakan tentang pengenalan anggota kelompok kami.
Dengan beranggotakan Emilia febia manda, Yudha arief wijaya, Ghifari irfandi, Dewit
dwi dellani, M.Farchan widayatama, Rizky maulana, Moh. Gustian hadi harto, Ismail
cht, Prima nurul permata dewi, dan Helmi stya putro.
2.2 Proses pembuatan animasi
Langkah – langkah pembuatan animasi menggunakan Aplikasi
VideoScribe :
1. Lakukanlah login
terhadap VideoScribe Login .
2. Jika anda belum
mempunya ID silahkan klik “Create new Account”.
1 3. Lalu
anda akan masuk ke dalam menu pertama di VideoScribe ini.
1 4. Setelah
itu muncul tampilan awal Worksheet
untuk membuat suatu animasi.
15. Pilihlah
Character sebagai objek di dalam animasi. Sesuaikan character dengan kebutuhan
animasi anda.
16. Add
Text ini berguna untuk menuliskan pesan atau tulisan apa saja yang ingin anda
sampaikan pada animasi anda nanti. Usahakan tulisa sesuai alur jalan cerita
animasi anda. Fornt, colour, Size bisa anda atur di dalam add text ini.
17. Add
Chart, berfungsi untuk mendesign template. Mulai dari size template nya, warna
template nya serta date and time nya.
8. Langkah
berikut adalah untuk mengimport suatu music backsound di dalam animasi. Gunanya
untuk melengkapi agar animasi yang kita buat bukan merupakan alur character
bergerak saja, melainkan juga ada tambahan fitur music di dalamnya. Agar lebih
terlihat menarik dan menyenangkan. Anda bisa memakai music yang telah di
sediakan oleh VideoScribe atau bisa pula mengupload file music anda sendiri.
19. Paper
Options, gunanya adalah untuk memberikan pengaturan pada kertas atau worksheet.
10. Langkah
selanjutnya adalah kita membuat settingan tangan agar tulisan yang kita sudah
buat tadi di munculkan seolah – olah menggunakan gerakan tangan. Anda bisa
memilih gerakan tangan yang sudah di sediakan oleh VideoScribe.
11. Ini
adalah tampilan project animasi yang telah selesai di desin. Semua sudah di
tata secara rapih di dalam worksheet.
112. Lalu
setelah semua selesai melakukan kegiatan design animasi. Create video agar kita
bisa memiliki file video tersebut.
113. Tunggulah beberapa saat sampai proses Create Video telah selesai.
14. Setelah
video berhasil di create save lah file nya melalui SaveScribe.
115. Pembuatan
video sudahlah selesai. Karna ini adalah salah satu dari tugas dari kampus,
kami harus memasukan file video kami ke dalam Power Point guna untuk melakukan
presentasi.
3.
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Kesimpulan yang
dapat ditarik dari latar belakang diatas yaitu para pembuat animasi tidak
merasa kesusahan karena dengan adanya tutorial animasi yang menggunakan Sporkal
dapat membantu animator berkreatif.
3.2
Saran
Pada animasi ini data yang disajikan masih tergolong sedikit dan untuk pengembangan
selanjutnya bisa ditambah dengan informasi yang lebih lengkap lagi
dengan menggunakan software yang lebih canggih lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar